Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Olahraga efektif dengan HIIT

HIIT adalah metode latihan fisik yang berbasis perulangan yang seluruh latihannya memiliki intensitas yang tinggi. High Intensity Interval Training itulah kepanjangannya. HIIT sangat efektif untuk menurunkan berat badan daripada latihan kardio biasa.

Sebelumnya mbah bahas Olahraga apa yang cocok untuk Anda, nah sekarang mbah bahas metode Olahraga yang cocok untuk Anda yang mempunyai kesibukan (atau keterbatasan waktu) tapi tetap ingin berolahraga efektif, tidak membutuhkan waktu yang lama tapi hasilnya sama atau lebih dari Olahraga dengan metode biasa. 10 menit latihan dengan metode HIIT sama saja Latihan ±1 Jam lari jogging atau senam. Hebatkan ! hemat waktu dan pembakaran melebihi latihan kardio biasa. Latihan HIIT banyak sekali keuntungannya :
  • Pembakaran Lemak lebih efektif karena setelah latihan tubuh tetap membakar lemak. seperti halnya angkat beban.

  • Tidak menyita waktu, biasanya orang yang sibuk malas untuk berolahraga karena tidak bisa membagi waktu. meluangkan 10 menit itu sebentar cu... mungkin lebih lama dari anda mandi atau berdandan... jadi bohong kalau Anda bilang tidak ada waktu untuk berolahraga.

  • Mempertahankan atau meningkatkan massa otot. jika dalam latihan Anda menyelipkan senam berat seperti push up, burpee dll. pasti otot juga ikut terlatih seperti halnya angkat beban bedanya kita menggunakan body weight. HIIT menggunakan seluruh jenis otot jadi otot-otot Anda tetap terlatih meskipun dikombinasikan dengan latihan kardio. tentunya dengan syarat kebutuhan protein Anda tercukupi.

  • Meningkatkan VO²MAX. jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan meningkat. itu berarti Anda tidak akan cepat letih saat latihan. Contohnya seperti pemain sepak bola. mereka terlihat biasa saja meskipun sudah lari kesana-kesini selama 2x45 menit. Oksigen akan lebih banyak didistribusi keseluruh tubuh.

  • Bisa dimana saja. Olahraga di perkotaan biasanya hanya bisa dilakukan dipusat-pusat kebugaran. Yah masalah polusi dll mungkin jadi masalahnya. dengan HIIT Anda bisa lakukan dimana saja, Rumah, Taman, Kantor dll.
Mungkin masih banyak lagi manfaat dari metode HIIT. silahkan tambahkan dikomentar !

Meskipun banyak manfaat, metode HIIT juga mempunyai kekurangan yaitu Sangat menyita tenaga karena dilakukan dengan intensitas tinggi dan waktu istirahat yang sebentar. jadi untuk pemula lebih baik tidak dipaksakan. karena yang sudah sering melakukan HIIT mungkin juga tetap merasakan hal yang sama yaitu sangat lelah. untuk itu meskipun metode HIIT sangat efektif tapi tidak dianjurkan sering latihan dengan metode ini. tetap variasi dengan metode latihan yang lain.

Gerakan Latihan dengan metode HIIT sama dengan Olahraga biasa, cuman intensitasnya tinggi & durasinya dikurangi.

Contohnya : Anda Lari biasa seperti jogging 1 menit setelah itu Lari sprint 30 Detik ulangin lagi sebanyak 7x atau sekuat Anda. atau gerakan senam berat seperti push up, pull up, burpee dll. Lakukan selama 30 Detik setelah itu istirahat 30 Detik ulangi 7x atau 10x terserah Anda.

Jika Anda bingung gerakan apa yang harus dilakukan bisa Lihat Gambar di bawah ini atau Download Aplikasi seperti 7 Menit Workout atau yang lainnya. menggunakan Aplikasi sangat memudahkan latihan karena sudah ada timer, contoh gerakan, data-data latihan dll. jadi silahkan manfaatkan fungsi smartphone Anda.

Lihat Gambar Tampilkan

Untuk Anda yang sudah menyerah atau hampir menyerah menjalani Diet untuk menurunkan berat badan tepatnya Lemak Anda coba lakukan metode yang sangat efektif ini. Hasilnya mungkin lebih cepat dari latihan kardio biasa. karena ini termasuk latihan ekstrim jadi lakukan semampunya saja.

usaha keras itu tak akan mengkhianati ~shonichi